Membuat Resume Konsep Dasar Sistem Dan Teknologi Informasi

Membuat Resume Konsep Dasar Sistem Dan Teknologi Informasi


Assalamualaikum dan selamat siang semua , pada kesempatan kali ini aku bakalan share materi mengenai salah satu mata kuliah aku di prodi Teknik Informatika yaitu Sistem Informasi dan Teknologi. Dalam materi ini yang menjadi tajuk penting adalah "Membuat Resume Konsep Dasar Sistem Informasi dan Teknologi" , disini kita akan mulai memahami beberapa pengertian apa itu pengertian mengenai sistem , dan dilajutkan dengan mengetahui tentang komponen kompenannya serta karakteristiknya juga , serta tidak lupa kerangka kerjanya. Maka dari itu dari pada banyak basa basi lagi kita mulai aja yuk ke topik utama dalam artikel ini.



A. Pengertian Sistem
     
   Disini aku merangkum beberapa pengertian sistem dari para ahli di berbagai sumber , jadi kita dapat memilih pengertian mana yang akan kita ambil untuk tugas sekolah maupun tugas kuliah.

  • Ludwig von Bertallanffy : Bahwa sistem yaitu sekumpulan unsur unsur yang berada di dalam keadaan yang berinteraksi.
  • Prajudi : Bahwa pengertian suatu sistem ialah suatu jaringan dari sebuah prosedur prosedur yang berkaitan satu sama lain menurut skema serta pola yang bulat untuk menggerakkan fungsi yang utama dan usaha ataupun urusan.
  • W.J.S. Poerwadarminta : Bahwa pengertian sistem adalah sekelompok bagian bagian atau sebuah alat dan sebagainya yang bekerja bersama sama untuk melakukan sesuatu maksud tertentu
  • Musanef : bahwa sistem merupakan suatu sarana yang menguasai keadaan suatu pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat diatur sedemikian rupa, dan sistem ialah juga suatu tatanan dari hal hal yang paling berkaitan satu sama lain dan berhubungan sehingga membentuk satu kesatuan dan satu keseluruhan.
  • Colin Cherry : Bahwa sistem adalah sebuah keseluruhan yang dibentuk dari banyak bagian suatu hal yang kita sebut sebagai assambel dari berbagai macam suatu sifat dan bagian bagian tersebut.
  • A.Hall dan R. Fagen : Bawa sistem ialah sekelompok objek, yang mencakup hubungan diantara objek tersebut , serta hubungan antara sifat yang mereka miliki satu sama lain.
  • Arifin Rahman : Sistem adalah suatu kumpulan banyak pendapat dan prinsip prinsip serta lain lain yang membentuk satu kesatuan yang berhubung  satu sama lain.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan tujuan tertentu. Setelah menyimpulkan pendapat para ahli menjadi satu maka selanjutnya kita akan membahas mengenai komponen dasar sistem.


B. Komponen Dasar Sistem

    Apa itu komponen dasar sistem ? Menurut aku pribadi sih , komponen dasar sistem ialah komponen yang menjadi dasar pada suatu sistem , dan komponen dasar sistem itu sendiri dibagi menjadi tiga yaitu : Input , Proses , dan Output.

  • Input : Memasukkan suatu data mentah kedalam sistem dan selanjutnya akan di proses.
  • Proses : Tahap selanjutnya setelah input dan memproses untuk menjadikannya output , berupa informasi.
  • Output : Output merupakah hasil setelah tahap proses yang berubah informasi dan dapat digunakan oleh masyarakat.

C. Pengertian Informasi

       Jadi setelah membaca sedikit informasi yang ada di atas kita dapat membuat kesimpulan tentang apa itu informasi , Informasi ialah Sekumupulan data dan memiliki sumber terbaru yang belum di dengar atau diketahui oleh masyarakat banyak..Okay , setelah kita mengetahui apa itu pengertian sistem , komponen dasar sistem , dan juga pengertian informasi , materi selanjutnya ialah komponen tambahan dasar sistem.


D. Komponen Tambahan Dasar Sistem

       Komponen Tambahan Dasar Sistem ialah tambahan dari komponen dasar sistem yang meliputi feedback dan control.
  • Feedback : Umpan balik setelah mendapatkan sebuah informasi , jadi feedback akan merespon mengenai informasi yang ia dapatkan dan akan menentukan apakah informasi tersebut akan diterima baik atau tidak.
  • Control : Control ialah tahap setelah feedback , maksudnya setelah feedback menentukan informasi itu baik atau tidak maka control akan menerima informasi yang baik dan merubah informasi yang tidak baik menjadi baik.

E. Karakteristik Lain Sistem

        Karakteristik lain sistem dibagi menjadi tiga yaitu : Subsistem , Boundary , dan Interface.

  • Subsistem : Komponen yang lebih besar dari sistem.
  • Boundary : Sistem yang dipisahkan dari lingkungannya antara sistem lainnya oleh sistem boundary.
  • Interface : Penghubung antara sistem yang lainnya dengan sistem yang lingkungannya sama.

F. Kerangkan Kerja Material End User

  • Konsep Dasar Sistem Informasi : Ini adalah tahap awal dan menjadi dasar pada kerangka kerja.
  • Komponen Teknologi Informasi : Setelah mengetahui konsep dasar informasi selanjutnya kita ke tahap ini atau disebut teknologi informasi.
  • Aplikasi : Langkah selanjutnya adalah ketahap tiga ada pembuatan aplikasi , disini kita melakukan pembuatan aplikasi.
  • Manejemen Perusahaan : Ini adalah tahap terakhir , ditahap ini kita harus tau cara mengorganisir sehingga perusahaan menjadi baik.

G. Pengertian SDLC

     Apa itu SLDC ? SLDC adalah singkatan dari Systems Development Life Cycle yang artinya suatu proses pembuatan dan pengubahan suatu sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan banyak sistem.

Membuat Resume Konsep Dasar Sistem Dan Teknologi Informasi


Demikianlah artikel kali ini semoga dapat membantu para pembaca sekalian dimanapun berada , maka dari itu aku ucapkan sekian dan terima kasih.

Nama : Zikry Maulana
NIM : D1041151053

0 komentar