Belajar Manajemen Database

Belajar Manajemen Database


Assalamualaikum dan selamat sore untuk kalian semua , ketemu lagi dengan aku yang bakal menjelaskan materi yang aku dapat di mata kuliah sistem teknologi dan informasi , nah untuk artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu manajemn sumber data , konsep konsep dasar data yang terdiri atas character , database , field , file , dan record. Selain kedua materi yang diberi tahu tadi ada juga materi lainnya yaitu pendekatan dalam mengelola data , jenis data base , dan yang terakhir ialah struktur data base.



1. Manajemen Sumber Data

Manajemen sumber data ialah suatu aktivitas manajerial yang menerapkan teknologi sistem informasi seperti gudang data , data base manajemn , dan alat alat manajemen , serta data lainnya. Dalam sebuah tugas yang diperuntukan mengelola sebuah sumber daya data organisasi , agar dapat sesuai dengan kebutuhan informasi oleh pihak pihak yang berkepentingan dengan bisnis mereka masing masing.

Data yang telah terorganisir dengan baik bisa menghasilkan sebuah informasi, pengorganisasian data yang berguna untuk mencegah terjadinya penggandaan yang tidak diperlukan. Data yang telah terorganisasi dan saling berkaitan satu sama lainnya merupakan suatu basis data atau yang sering disebut dengan nama data base. Sedangkan untuk mengelola dan mengorganisasikan sebuah database yang telah dibangun dalam sistem dibutuhkan suatu pengelolaan basisdata yang di sebut dengan nama database management system atau disingkat menjadi DBMS. DBMS merupakan suatu sofware yang akan memutuskan bagaimana sebuah data diorganisasikan, disave, diedit, diambil kembali, pengaturan mekanisme security data, mekanisme used data secara bersama.

2. Konsep Dasar Data

Data secara logis dikelompokkan dalam suatu jenjang di bawah ini :

  • Character
  • Database
  • Field
  • File
  • Record
Nah setelah ini kita akan menjelaskan mengenai apa itu character , database , field , file ,dan record.

2.1 Character

Character ialah sekelompok bit yang secara konvensional terdiri dari kombinasi delapan bit yang mengukuhkan sebuah karakter dalam sebuah memori (1 byte ialah 1 character)

2.2 Database

Database adalah sekelompok file yang terstruktur serta terintegrasi sedemikian rupa sehingga membuat proses data dan pencarian suatu data pada file dapat dilakukan dengan ez yang berarti easy atau mudah. Kelompok dari data yang saling terhubung satu sama lainnya, tersave di sebuah computer dan dapat digunakan software untuk memanipulasinya.

2.3 Field

Field ialah suatu kumpulan kecil dari sebuah kelompok character. Misalnya sebuah atabase mahasiswa berisikan field tempat tinggal , berarti isi yang tadi  adalah kumpulan tempat tinggal tersebut.

2.4 File

File ialah sekelompok record yang terhubungan dengan objek. Contohnya ialah record mahasiswa yang disatukan dengan dengan record hobbynya. Jenis-jenis file sebagai berikut :

  • File Induk : file yang biasa disebut dengan nama master file , file inilah yang harus ada selama hidup sistem.
  • File Transaksi: File yang berguna untuk merekam data hasil suatu transaksi yang telah terjadi selama satu periode.
  • File Laporan: File yang berisi sebuah informasi yang akan nantinya ditampilkan. Isi dari file ini biasanya didapatkan dari field di satu atau lebih dari file induk untuk mempersiapkan pembuatan laporan.
  •  File Sejarah : File ini juga sering disebut dengan nama history file , history file yang berisi data dari masa lalu  ( dan bukan lah sebuah kenangan dari mantan ) yang telah non aktif lagi, tetapi masih disave sebagai arsip.
  • File Backup : File backup atau dikenal dengan nama file salinan. Salinan dari file kedua yang masih aktif di dalam basis data pada suatu saat tertentu.
2.5 Record

Record ialah sekelompok field yang saling berhubungan terhadap suatu objek tertentu. Contohnya ialah selain field nama juga dibuat field nomor identitas, nomor telepon, nama kedua orang tua , dan jenis kelamin. Nah kelompok field-field inilah yang disebut dengan nama record.

3. Pendekatan Dalam Mengelola Data

Dalam pendekatan seperti ini, sumber data akan dikumpulkan ke dalam file-file yang tidak berhubungan satu dengan lainnya. Tiap file telah dirancang untuk sebuah aplikasi tertentu. Adapun pendekatan ini memiliki kelemahan data yaitu  memodifikasi sebuah data yang duplikatif harus dilakukan untuk berbagai sebuah file, sehingga kurang efisien, dan tidak lupa yang paling utama adalah penduplikasian data.

4. Jenis Database

Database mempunyai dua jenis yaitu database operasional , dan database analitis.

5. Struktur Database

Nah yang terakhir dari penjelasan mengenai manajemen database ialah struktur database , perlu diketahu struktur database ini mempunyai lima struktur , yaitu struktur hirarkis , relasional , jaringan , multidimensi , dan yang terakhir ialah berorientasi pada objek.

0 komentar