Belajar Mengenai Software Computer Atau Perangkat Lunak Komputer

         
Belajar Mengenai Software Computer Atau Perangkat Lunak Komputer

         Assalamualaikum dan selamat siang untuk kita semua yang berbahagia untuk hari ini , pada postingan kali ini yang berjudul "Software Computer" atau lebih dikenal dengan perangkat lunak. Disini aku bakal menjelaskan mengenai apa itu perangkat lunak atau software , dan juga tipe tipenya seperti perangkat lunak sistem serta perangkat lunak aplikasi , tak ketinggalan juga membahas tentang fungsi pernagkat lunaknya.



1. Pengertian Perangkat Lunak Komputer

          Pengertian mengenai perangkat lunak komputer atau yang disebut dengan nama software computer ada banyak sekali , salah satunya ialah beberapa pendapat para ahli yang akan aku terangkan di bawah ini , setelah itu aku akan menarik satu kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli tersebut.

  • Fauziah : Software merupakan suatu program yang digunakan untuk menginput data, mengecek data, mensave data, memperoleh hasil data, dan melakukan presentasi data, serta melakukan proses manipulasi pada sebuah data, yang dilakukan pada hardware.
  • ITL Education Solutions Limited : Software merupakan istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer. Dalam hal ini, software ini bertugas untuk bertanggung jawab dalam mengkontrol, mengintegrasikan, serta mengelola komponen perangkat keras dari sistem komputer yang sudah ada, lalu kemudian mengakhiri tugas di dalam komputer tersebut.
  • Juntak Teamwork : Software adalah suatu konstruksi dari program yang disusun sedemikian rupa, dan juga diatur untuk sistem kerja yang dijalankannya.
  • Melwin : Software merupakan perangkat yang dapat berfungsi sebagai pengontrol aktivitas kerja komputer dan semua instruxsi yang mengarah kepada sistem komputer.
  • Roger S : Software ialah sebuah perintah program dalam komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya dapat memberikan suatu fungsi dan juga unjuk kerja yang diinginkan oleh usernya. Pernyataan ini mendeskripsikan bahwa software ini berfungsi untuk memerintah komputer, agar sebuah komputer dapat berfungsi secara maksimal, sesuai dengan keinginan user yang memberikan sebuah perintah kepadanya.
  • Wilman & Riyan : Software ialah suatu perangkat operasi kerja untuk mengoperasikan sebuah komponen pada perangkat keras.
  • Wiwit Siswoutomo : Perangkat lunak ialah  nyawa dari komputer. Tanpa adanya perangkat lunak ini, maka komputer hanyalah hardware yang mati dan juga sama sekali tidak berguna untuk apapun dan siapapun.
          Dari ke tujuh pengertian para ahli dan juga tokoh mengenai perangkat lunak diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan software adalah suatu sistem program yang telah diatur dan juga disusun demikian rupa, yang diperuntukan untuk memberikan perintah ke dalam sebuah komputer dalam rangka menyelesaikan tugas, pekerjaan, serta tuntutan, yang membantu menjembatani user sebagai brainware dengan kompter sebagai perangkat kerasnya.

2. Fungsi Perangkat Lunak Komputer


  • Mengelola sumber daya suatu komputer.
  • Mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat kita gunakan sebagai manusia di dalam memanfaatkan sumber daya sebuah komputer.
  • Sebagai sebuah perantara antara informasi  dengan organisasi.
3. Tipe Perangkat Lunak Komputer

          Tipe perangkat lunak komputer dibagi menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan juga perangkat lunak aplikasi.

     3.1 Perangkat Lunak Sistem

             Perangkat lunak sistem ialah seperangkat instruksi yang akan berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan pemakaian hardware, serta  mendukung pemakaian software.

     3.2 Perangkat Lunak Aplikasi

         Perangkat lunak aplikasi ialah sebuah subkelas software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan tugas yang akan diinginkan oleh user. Dibandingkan dengan software sistem yang menkedepankan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan ini untuk mengerjakan tugas yang menguntungkan user.

                
                 Demikianlah artikel aku kali ini mengenai software atau perangkat lunak , sampai jumpa diartikel berikutnya , sekian dan terima kasih.

0 komentar