Pengertian Komputer Dan CPU


Pengertian Komputer Dan CPU


Assalamualaikum dan selamat pagi untuk kalian semua , karena di pagi hari ini aku bakalan mengupdate materi kuliah yang telah kupelajari. Tau gak , di zaman modern seperti ini teknologi dan informasi sangat berkembang pesat loh , salah satunya adalah alat alat elektronik seperti smartphone , televisi , dan juga komputer.



Komputer yang lebih dikenal dengan nama personal computer atau disingkat menjadi PC adalah sekumpulan alat elektronik yang mampu mengontrol dan bekerja sama di bawah kontrol sebuah program , komputer juga dapat menerim data lalu mengelolahnya menjadi sebuah informasi. Untuk lebih spesifiknya ada beberapa ahli yang menjelaskan apa itu komputer menurut pribadinya masing masing.

1. Pengertian Komputer

    Disini aku merangkum beberapa pengerti berbagai ahli mengenai pengertian komputer menurutnya pribadi , setiap ahli mempunyai pengertian yang berbeda dari ahli lainnya , jadi nantinya aku bakalan merangkum merangkum pendapat ahli tadi menjadi suatu pengertian komputer yang baru.

  • Donald H. Sanderes : Komputer ialah sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta di rancang dan di organisasikan agar secara otomatis akan menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan sebuah output di bawah pengawasan suatu langkah instruksi program yang tersimpan didalam penyimpannya.
  • Elias M. Awad : Komputer merupakan sebuah alat hitung yang dapat memproses sebuah data untuk disajikan dalam bentuk data analog maupun data digital.
  • Larry Long & Nancy Long : Komputer adalah sebuah alat hitung elektronik yang dapat menginterpresentasikan juga melaksanakan suatu perintah program untuk input , output , dan perhitungan , serta operasi-operasi logic.
  • Robert H. Blissmer : Komputer merupakan alat elektronik yang bisa melakukan beberapa tugas seperti menerima data , memprosesnya , menyimpan perintah dan menyediakan informasi.
  • William M. Fuori : Komputer adalah alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan besar secara cepat dan akurat , termasuk perhitungan operasi logika dan aritmatika , tanpa campur tangan dari brainware atau manusia.
  • Williams, Sawyer : Komputer ialah sebuah mesin multiguna yang dapat di program , komputer dapat menerima data dan memproses data atau memanipulasinya ke dalam sebuah informasi yang bisa kita gunakan.
  • V.C. Hamacher Et Al : Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang bisa menerima informasi input digital lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersave di memorinya dan menghasilkan informasi.

  Jadi dari pernyataan para ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa pengertian komputer ialah sekelompok mesin elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komponen yang bisa saling bekerja sama , serta membuat sebuah sistem kerja yang teliti serta rapi.

     1.1 Kategori Komputer

   Setiap komputer mempunyai kategorinya masing masing , yaitu mainframe , midrang , komputer mikro , dan terakhir adalah super komputer.
  • Mainframe
  • Midrange
  • Komputer Mikro
  • Super Komputer


          1.1.1 Komputer Mainframe

   Mainframe ialah komputer terbesar serta memiliki memori yang sangat besar dan kemampuan pemrosesan datanya yang sangat cepat. Aplikasi dari komputer mainframe di desain untuk bekerja dengan hanya sedikit klien seperti NC dan NetPC. Data pada komputer mainframe lebih aman dari pada banyak server. Sarana internet dapat dipadukan dengan sangat baik ke dalam OS/390 sistem pengoperasian komputer mainframe. Komputer mainframe baru menawarkan penghematan yang signifikan dalam energy , ukuran , dan perawatan. Rentang cakupan komputer mainframe dapat menangani lalu lintas internet yang sedang berkembang. Contoh komputer mainframe ialah IBMSystem (ESA)/390 , Honeywell-Bull DPS 7 , IBM System/360.


          1.1.2 Komputer Midrange

   Tidak banyak yang dapat dijelaskan dari komputer midrang ini , perlu diingat bahwa komputer midrange ini ialah komputer yang berukuran lebih kecil dari komputer mainframe , serta baik dalam hal harga maupun kemampuan.IBM System/370 , PDP-8 , PDP-11 , Xerox Star , VAX.


          1.1.3 Komputer Mikro

   Komputer mikro atau personal computer yang disingkat menjadi PC merupakan komputer yang bisa ditempatkan diatas meja atau dipindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Klarifikasi berdasar tujuan penggunaannya :

  • Destkop
  • Laptop
  • Notebook
  • Portable

    Klarifikasi berdasar pemanfaatannya :

    • Komputer Pribadi
    • Komputer Rumah
    • Sistem Multiguna


              1.1.4 Super Komputer

       Komputer yang berkemampuan sangat sangat besar dan sangat canggih tentunya yang dapat digunakan untuk tugas yang memerlukan perhitungan sangat kompleks dan cepat dengan puluhan ribu bahkan ratusan faktro variable. Contoh super komputer adalah Tianhe-2 , Titan , Sequoia , K Computer , Mira , Stampede , Juqueen , Vulcan , SuperMuc , dan Tianhe-1A


    2. Konsep dan Komponen Sistem Komputer

    Pengertian Komputer Dan CPU
    Ini adalah gambaran dalam konsep dan komponen sistem komputer



    3. Central Processing Unit

       Central Processing Unit atau yang disingkat menjadi CPU merupakan hardware computer yang memiliki fungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah serta data dari software. CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Tanpa adanya CPU , maka sebuah komputer tidak akan berfungsi sebagai mestinya. CPU memiliki fungsi untuk menjalankan sebuah program yang telah disimpan dalam memorinya, dengan cara mengambil sebuah intruksi kemudian menguji intruksi tadi dan mengeksekusinya sesuai alur yang ditelah di tentukan.

       Didalam CPU juga terdapat Programable Read-Only Memory atau yang disingkat dengan nama PROM. PROM merupakan memori dimana chip yang di gunakan dapat di tulis sekali saja dan digunakan untuk menyimpan sebuah data , program , dan sebagainya yang dapat dibaca berkali – kali. Selain PROM terdapat juga adress , yaitu lokasi tertentu dalam penyimpanan primer dimana program / instruksi atau data telah disimpan.


       Demikianlah artikel kali ini yang berjudul "Pengertian Komputer Dan CPU" , sebagai penutup aku hanya ingin mengucapkan sekian dan terima kasih.

    0 komentar