Pengertian Sumber Daya Alam Menurut 7 Para Ahli

Selamat siang semua kali ini aku adaa tugas geografi dari guru legena yang bernama bu Rohida beliau memberikan aku dan pelajar lainnya tentang mencari pengertian sumber daya alam menurut tujuh para ahli , niat beliau memberikan kami tugas ini mungkin supaya murid muridnya mempunya wawasan yang luas tentang sumber daya alam maupun tentang dunia geografi baik dari ilmu yang dasar maupun yang tinggi. Sumber daya alam ini sebenernya terbagi menjadi dua sih yaitu yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui , untuk yang dapat diperbarui misalnya seperti tumbuhan atau hewan serta yang menjadi sumber daya alternatif , untuk yang tidak dapat diperbarui itu misalnya seperti emas , perak , minyak bumi , dan lain lainnya. 

Tapi perlu diingat sumber daya kita ini walaupun dapat diperbarui  bisa saja menjadi punah atau hilang seperti hewan hewan yang sudah punah seperti dinasaurus atau burung burung yang populasinya sangat banyak tapi sekarang sudah tak dapat lagi dilihat dan hanya bisa di searching melalui internet atau buku sejarah dan buku mata pelajaran ilmuv pengetahuan alam , oleh karena itu dari pada kita banyak basa basi dan bacot gak jelas , mending kita cek aja pengertian sumber daya alam menurut tujuh para ahli



Pengertian Sumber Daya Alam Menurut 7 Para Ahli
Pengertian Sumber Daya Alam Menurut 7 Para Ahli 

Yoosh !! , dikarenakan aku ada tugas yaitu sebutkan pengertian SDA menurut 7 para ahli + ane . Ayo mari kita simak !! . ~




Menurut Isard (dalam Soerianegara, 1977), sumber daya alam adalah lingkungan dan bahan-bahan mentah yang dapat digunakan utk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan mensejahterakannya.



Menurut Suryanegara (1977), Sumber daya alam adalah unsur-unsur alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.



Katili (1983) mengemukakan bahwa sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.   


Sumber Daya Alam Menurut Ireland 1974 dalam soerianegara, 1977, adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai utk memenuhi kebutuhan manusia.


Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5) menyebutkan: “sumber daya alam adalah unsure lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan”.

Chapman (1969) mengatakan bahwa sumber daya adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya. Selanjutnya ia membedakan adanya 3 pengertian sumber daya, yaitu: 1) Persediaan total (total stock); 2) Sumber daya (resources); 3) Cadangan (reserve).

(Anonim) Sumber daya alam (resources) adalah sumber persediaan, baik cadangan maupun yang baru. Dari segi ekonomi bahwa sumber daya adalah suatu masukan (input) dalam suatu proses produksi.

Zikry Maulana ( 2014 ) SDA dapat didefinisikan sebagai segala bentuk materi, energi, ruang, waktu dan keanekaragaman yang diperlukan oleh mahluk hidup utk mempertahankan kelestariannya.

Demikianlah artikel yang aku tulis ini mengenai pengertian sumber daya alam menurut 7 para ahli semoga dapat membantu kalian mengerjekan tugas tugas sekolah yang belum kalian ketahui ini , sebagai penutup dari artikel ini aku mau mengingatkan dalam belajar geografi ini kita tidak hanya dituntut untuk serius dalam belajar melainkan harus memahami isi dan bagian bagian dari pelajaran ini biar menjadi ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun nusa dan bangsa demi negara kesatuan republik indonesia ini maaf alay wkwk , dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk meinggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia dibawah ini . Sekian dan terima kasih.

0 komentar